Alasan Kenapa Berolahraga Menular Terutama di Kalangan Wanita


  
Alasan Kenapa Berolahraga Menular Terutama di Kalangan Wanita Olahraga memicu sisi kompetitif orang. (maxmann/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Anda terinspirasi untuk ikut berolahraga di pusat kebugaran setelah melihat swafoto teman berolahraga yang diunduh melalui akun media sosialnya, seperti dilansir Yahoo Health, ternyata itu adalah hal yang wajar.

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature Communications, berolahraga ternyata dapat menular, terutama di kalangan wanita.

Peneliti Sinan Aral and Christos Nicolaides mengalanisa data dari 1,1 juta pelacak olahraga orang selama lima tahun. Selama periode ini, data mencatat total jarak lari yang ditempuh keseluruhan partisipan sepanjang 217 juta mil.
Pilihan Redaksi
  • Kenali Manfaat Burpees, Latihan Kebugaran Rapper Drake
  • Rutin Lari Perpanjang Umur Tiga Tahun
  • Dua Menu Ideal Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Para peneliti ini menemukan jika olahraga memicu sisi kompetitif orang. Jika satu orang berlari lebih panjang dari biasanya, pencapaian ini cenderung menginspirasi temannya untuk mendorong dirinya berolahraga lebih keras lagi.


Teori yang sama juga menjelaskan kenapa kelas grup sangat popular. Para anggota pusat kebugaran memiliki kecenderungan untuk mendorong diri mereka berolahraga lebih keras lagi pada saat orang lain menonton mereka berlatih.

Hal yang sama juga terjadi jika Anda berlari dengan seorang teman, kecenderungan untuk berhenti akan lebih kecil dan bahkan mendorong lebih giat lagi berlari di treadmil untuk mencetak waktu terbaik pribadi.

Memang, pelari yang kurang aktif akan terpengaruh setelah melihat pelatih yang lebih aktif lagi. Namun, kondisi seperti ini hanya berlaku pada situasi tertentu saja. Jika terbalik keadaannya, pelari aktif biasanya akan konsisten dengan rutinitas mereka.

Yang menarik adalah, walau baik pria dan wanita mempengaruhi pria, studi menyatakan jika hanya wanita yang bisa mempengaruhi wanita.

Penulis studi ini menyebutkan jika hasil seperti ini sebagian penjelasannya bisa diamati dari kebiasaan orang yang sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

“Perbandingan sosial mungkin bisa menyediakan penjelasan dari hasil seperti itu. Perbandingan dengan mereka yang lebih maju dapat memotivasi perbaikan diri sendiri, sedangkan perbandingan dengan mereka yang jauh tertinggal menciptakan sikap kompetitif untuk mempertahankan superioritas pribadi,” tulis Aral dan Nicolaides.

Dengan kata lain, daripada membuat kendor, kemunduran seseorang dapat memotivasi orang lain untuk tidak mau kalah atau lebih maju dari pada yang lain.

Apapun alasannya, mendorong diri sendiri untuk berolahraga terkadang sangat sulit. Jadi, ada teman yang bisa memicu semangat berkompetisi dan berolahraga, tidak ada salahnya menikmati kesombongan teman yang berhasil menyelesaikan lari 10 kilometer di akun media sosialnya.

Comments

  1. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ & QQ ONLINE Terbaik di masanya

    9 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855 977 509 035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rakitic: Messi Terbaik Tapi Tahun Ini Milik Modric